Prodi KPI STAIMAS Wonogiri Ikuti Sekolah P3SPS

Wonogiri – RSC- Jajaran Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri mengikuti Sekolah Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), Selasa-Rabu (30-31/3). Kegiatan itu sebagai rangkaian Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) Ke-88 yang bertepatan 1 April 2021 di Solo.

Sekolah P3SPS yang diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat itu menghadirkan pembicara dari jajaran KPI dan pengamat media. Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menyampaikan materi perihal Arah dan Tujuan Penyiaran Kita. Agung menjelaskan penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan atau sarana transmisi di darat, laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran.

Dia menyebutkan asas penyiaran adalah Pancasila dan UUD 1945.

“Tujuan penyiaran yaitu memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan Bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” jelas Agung.

Dia menambahkan perlunya digitalisasi penyiaran yaitu dalam upaya mewujudkan demokratisasi penyiaran, digital deviden, keuntungan ekonomi dan meningkatkan kualitas siaran.

Pada sela-sela kesempatan Sekolah P3SPS itu, Kaprodi KPI STAIMAS Wonogiri, Nadhiroh, membahas rencana kerjasama dengan KPI Pusat pada kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dia berharap kerjasama dengan KPI Pusat bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat Wonogiri untuk literasi media dan kegiatan lainnya.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dan Koordinator Bidang Kelembagaan, Irsal Ambia, merespons positif rencana MoU itu.

Mereka meminta STAIMAS Wonogiri segera mengirim draf MoU. “Silakan segera kirim dan akan kami pelajari. Kerjasama bisa untuk kegiatan literasi media, riset dan lain-lainnya,” ujar Mulyo yang pada sekolah itu menyampaikan materi tentang Kepentingan Publik dalam P3SPS.

Mulyo menuturkan KPI Pusat membuka diri bagi masyarakat untuk tidak sungkan-sungkan menggandeng KPI Pusat dalam berbagai kegiatan terkait penyiaran.

Selain mereka hadir sebagai pembicara Pengamat Media Ezki Tri Rezeki Suyanto dan Hari Wiryawan, Koordinator Bidang PS2P, Mohamad Reza dan Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran, Mimah Susanti.

Ketua STAIMAS Wonogiri, H Tri Gunawan Hadi MSi, MH, berharap ke depan MoU STAIMAS dan KPI Pusat bisa benar-benar terwujud untuk berbagai kegiatan Tri Dharma Perguran Tinggi. “Tentunya kami berharap MoU itu bisa membawa kebaikan dan manfaat bagi mahasiswa, dosen dan seluruh lapisan masyarakat,” ujar Tri.

*) Artikel berita ini sebelumnya telah tayang di https://relinkspeed.com/2021/04/02/prodi-kpi-staimas-wonogiri-ikuti-sekolah-p3sps/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *