Asah Kemampuan Mahasiswa Prodi KPI STAIMAS, Berikut Project Tes Akhir Semester

Wonogiri–Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIMAS Wonogiri mengerjakan aneka project Tes Akhir Semester (TAS) yang berlangsung Senin-Sabtu (24-29/6/2024).

Beberapa project yang dilaksanakan mahasiswa yaitu terkait beberapa mata kuliah di antaranya Dakwah Multimedia, Produksi Media Cetak, Produksi Siaran Televisi, Jurnalistik Online, Teknik Announcing dan Jurnalistik Investigasi.

Sejumlah karya mahasiswa hasil TAS yaitu film pendek, foto, buletin, berita, opini, artikel jurnal dan voice.

Kaprodi KPI STAIMAS Wonogiri, Tutut Trias Nur Wijayanti, S.S.T, M.I.Kom menyampaikan TAS sesuai dengan kurikulum merdeka mempunyai beberapa penilaian, ada yang dinilai secara klasik (tertulis) dan project baik itu secara individu maupun kelompok.

“Harapannya agar mahasiswa benar-benar bisa mengaplikasikan teori dan praktik yang di dapat saat KBM pada sebuah karya cipta. Beberapa karya yang tercipta pada TAS ini antara lain adalah film pendek, berita dan foto,” imbuh Tutut.

Salah satu mahasiswa semester VI, Ernawati mengaku praktik pembuatan film pendek pada mata kuliah Sinematografi ini merupakan pengalaman yang benar-benar luar biasa bagi.

“Awalnya, kami merasa tidak yakin bagaimana cara membuat film yang bagus. Tapi, dengan bimbingan dosen dan kerja sama tim yang solid, kami berhasil menyelesaikan film pendek kami tepat waktu,” imbuh Erna yang menjadi sutradara dalam praktik itu.

Erna menambahkan proses pembuatan film itu benar-benar membuka pikiran mereka tentang banyak hal. “Kami belajar tentang bagaimana menulis cerita yang menarik, mengedit video dan lain-lain. Kami juga belajar tentang pentingnya komunikasi, kerjasama, dan kerja keras dalam mencapai tujuan bersama. Kami dapat belajar banyak hal baru dan mendapatkan pengalaman yang berharga,”jelasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *