ALASAN HARUS MASUK PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Sebagai wadah untuk studi ilmu komunikasi, kurikulum di Jurusan KPI memasukkan semua mata kuliah wajib yang disepakati dalam forum ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi), seperti Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Politik, Kumunikasi Antar Budaya, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya, sehingga kompetensi lulusan Jurusan KPI dapat disejajarkan dengan lulusan Jurusan/Program Studi Ilmu Komunikasi pada umumnya.

Namun, ada nilai lebih yang dimiliki oleh lulusan Jurusan KPI dibandingkan dengan jurusan ilmu komunikasi di tempat lain. Nilai lebih tersebut adalah penguasaan ilmu dan pendekatan keagamaan yang juga diajarkan di Jurusan KPI. Mahasiswa diberi bekal perspektif keagamaan yang akan sangat bermanfaat, baik untuk kehidupan pribadinya kelak maupun untuk studi dan karirnya ke depan sehingga lebih mampu memahami objek studinya di Indonesia, yang berpenduduk mayoritas Islam.

Studi di Jurusan KPI diorientasikan kepada dua konsentrasi, yaitu Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Broadcasting. Konsentrasi Jurnalistik diarahkan untuk mencetak alumninya menjadi seorang wartawan handal, praktisi media, atau pun analis media massa. Untuk itu, selain mata kuliah dasar-dasar ilmu komunikasi, juga ditawarkan mata kuliah pendukungnya, antara lain adalah: Jurnalistik Cetak, Jurnalistik Online, Jurnalistik Investigatif, Hukum dan Etika Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Reportase, Analisis Media, Penulisan Artikel, Penulisan Fiksi, Penulisan Feature, Manajemen Media Massa, Manajemen Redaksi, dan lain-lain.

Sementara Jurusan Broadcasting lebih diarahkan untuk mencetak sarjana yang handal dalam bidang penyiaran, baik radio maupun televisi. Mata kuliah pokok untuk itu antara lain: Hukum dan Etika Penyiaran, Jurnalistik Penyiaran, Reportase radio/TV, Newscasting, Editing Siaran Radio/TV, Sinematografi, Analisis Siaran Radio/TV, Produksi Acara radio/TV, Manajemen Siaran, dan sebagainya.

kebanyakan orang yang memang belum mengetahui apa itu komunikasi dan penyiaran islam disini anda akan mendapatkan solusinya dan beberapa alasan mengapa anda harus masuk komunikasi dan penyiaran islam. Disini saya akan berbicara mengenai sebuah pengalaman yang saya alami.

Beberapa manfaat yang saya rasakan ketika memilih komunikasi dan penyiaran islam.

  1. Anak KPI adalah orang – orang yang paling update mengenai segala macam berita
  2. Lulusan KPI memiliki banyak peluang untuk bekerja
  3. Tidak ada namanya lulusan KPI tidak berpenghasilan , karna walaupun tidak bekerja anak KPI mampu menulis sebuah artikel dan itu akan menjadi suatu penghasilan yang besar.
  4. Prodi KPI tidak hanya mempelajari dunia broadcasting namun anda akan diajarkan menjadi seorang pendakwah. Jadi memang jurusan KPI ini dunia akhirat banget ( kalo bahasa anak sekarang gitu )
  5. Jurusannya Anak Muda karna di KPI anda akan di ajarkan menjadi orang terkece yang sangat hafal betul mengenai alat elektronik. Kumpulan mahasiswa terkece deh.
  6. Mahasiswa KPI engga bakal gaptek ( GAGAP TEKNOLOGI ) akan slalu Update
  7. Mahasiswa KPI diajarkan bagaimana cara menulis, berbicara dengan baik, dan berfikir cepat dan menjadi mahasiswa yang kritis terhadap suatu berita.
  8. Mahasiswa KPI masa depan bangsa.
  9. lulusan KPI siap menjadi mahasiswa yang menyebarkan sesuatu tindakan yang bermanfaat untuk masyarakat baik dalam sebuah tulisan ataupun tindakan suatu pengabdian untuk menguak sebuah permaslahan ( berita hoax )
  10. Mahasiswa KPI adalah mahasiswa yang belajar rasa main, karna sistem pembelajaran yang enjoy membuat seluruh mahasiswa KPI mampu meluapkan berbagai asumsi dan gagasan.